Ada empat komponen utama yang dapat digunakan dalam aplikasi Android :
Activity
Sebuah Activity akan menampilkan antarmuka aplikasi di layar, sebagai contoh ketika kita membuka sebuah aplikasi maka akan muncul tampilan dari aplikasi tersebut.
Activity diimplementasikan sebagai subclass dari class Activity sebagai contoh :
Broadcast Receivers
Broadcast Receiver berfungsi menerima pesan intent dari aplikasi lain atau dari sistem. Sebagai contoh, suatu aplikasi mengirim pesan berisi perintah tertentu untuk aplikasi lain bahwa beberapa data telah diunduh ke perangkat dan tersedia bagi mereka untuk menggunakan apklikasi tersebut, jadi Broadcast Receiver inilah yang akan menangani komunikasi ini dan akan melakukan tindakan yang tepat.Sebuah Broadcast Receiver diimplementasikan sebagai subclass dari class BroadcastReceiver dan setiap pesan akan dikirim dan diterima sebagai objek Intent.
Content Providers
ContentProvider adalah penyedia konten dari satu aplikasi ke aplikasi lain atas perintah tertentu. Perintah tersebut ditangani oleh sebuah method dari class ContentResolver. Data dapat disimpan dalam sistem file, database atau di tempat lainnya.ContentProvider diimplementasikan sebagai subclass dari class ContentProvider dan harus menerapkan satu set standar API yang memungkinkan aplikasi lain untuk melakukan transaksi.
Komponen Tambahan
Ada beberapa komponen tambahan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi selain yang disebutkan di atas, diantaranya :
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar